Cara Bikin NPWP Online Praktis

Cara Bikin NPWP Online Praktis

galleryser – Ada kalanya warga negara seperti Anda terpaksa harus membuat NPWP dengan alasan tertentu. Untuk mendapatkan NPWP ini, wajib pajak (WP) bisa mengajukan dirinya secara online, bagaimana cara bikin NPWP online tersebut?

Sebenarnya membuat NPWP bisa dengan dua cara, yaitu dengan datang ke Kantor Pelayanan Pajak dengan mengisi formulir serta membawa berkas persyaratannya. Atau cara kedua, bisa dengan mendaftarkan diri secara online pada portal e-registration Dirjen Pajak di alamat web https://ereg.pajak.go.id/.

Cara Daftar NPWP Online

Jika mendaftar secara online, maka Anda tak perlu mengantri di Kantor Pelayanan Pajak. Tentu sistem online ini lebih cepat, mudah, dan sederhana dalam pelaksanaannya. Berikut ini langkah-langkah daftar NPWP secara online.

  1. Buat Akun

Pertama, buatlah akun di https://ereg.pajak.go.id/. Anda harus mengisi alamat email yang akan Anda gunakan dan mengisi captcha sebagai autentikasi. Sesuai arahan, periksa email Anda untuk mendapat notifikasi dan link untuk verifikasi dari sistem e-registration.

Anda bisa klik atau menyalin link yang ada pada email tersebut untuk melakukan verifikasi. Setelah link diklik, akan muncul formulir, isilah kolom-kolom yang tertera dengan benar. Setelah selesai mengisi formulir tersebut, Anda bisa klik Daftar. 

Selanjutnya, Anda diarahkan kembali ke email Anda untuk verifikasi kedua dengan mengklik link verifikasi yang ada di email. Setelahnya, klik “Klik disini untuk memulai Pendaftaran NPWP,” kemudian akan muncul halaman untuk login. Sekarang, Anda dapat login memakai email dan password yang sebelumnya telah Anda buat.

  1. Mendaftar di Portal ereg Pajak

Setelah login, Anda perlu mengisi beberapa formulir pendaftaran. Cara mengisi formulir NPWP online ini cukup mudah. Pertama ada formulir kategori wajib pajak, di dalamnya ada pilihan kategori yakni orang pribadi dan juga wanita / istri yang ingin memisahkan hak kewajiban pajaknya.

Ada pilihan status WP yang terdiri dari NPWP pusat, cabang, dan juga OPPT. Jika Anda ingin membuat NPWP pribadi, pilih saja status pusat. Jika Anda punya usaha, bisa memilih status OPPT atau Orang Pribadi Pengusaha Tertentu). Biasanya OPPT berlaku jika memiliki usaha / tergabung dalam organisasi.

Isi juga kolom lain dengan teliti, misalnya kolom NIK dan Nomor KK. Jika tidak diisi dengan benar, maka sistem bisa melarang Anda mengisi formulir berikutnya.

Formulir kedua ialah formulir identitas diri. Di formulir ketiga, perihal sumber penghasilan utama. Jika Anda mengisinya dengan angka 0 (nol), biasanya pengajuan Anda akan ditolak karena masih belum memenuhi persyaratan WP, yakni punya penghasilan Rp 4,5 juta per bulan.

Formulir berikutnya, berisi alamat KTP, domisili & alamat usaha jika Anda punya usaha. Berikutnya, Anda diarahkan untuk mengisi formulir info tambahan, berisi jumlah tanggungan (maksimal 3 tanggungan) dan kisaran penghasilan Anda per bulan.

Selanjutnya adalah formulir persyaratan, jika Anda WP pribadi maka Anda cukup upload file KTP terbaru. Jika bukan WP pribadi atau WP istri, Anda harus upload file sesuai dengan persyaratan.

Formulir terakhir adalah formulir pernyataan, Anda wajib mencentang kotak benar sebagai tanda bahwa Anda menyetujui syarat & ketentuan. Centang juga kotak ‘lengkap’ sebagai bentuk pernyataan kelengkapan isian data pada setiap formulir tadi. Terakhir, klik ‘Simpan’.

  1. Mengirim Formulir ereg Pajak

Setelah selesai isi formulir dengan lengkap, akan muncul status pendaftaran di dashboard web ereg. Anda harus klik tombol ‘kirim token’, mengisi Captcha, kemudian klik ‘Submit’.

Sistem akan mengirim token ke email Anda, kemudian Anda dapat copy token dan masuk kembali ke dashboard. Klik ‘Kirim’ dan paste kode token dalam kolom token, lalu klik ‘Kirim Permohonan’.

Tunggulah selama beberapa waktu untuk menunggu konfirmasi persetujuan. Jika permohonan tidak diaetujui, biasanya ada keterangan apa penyebab permohonan Anda tidak disetujui.

Jika disetujui, Anda akan mendapat pemberitahuan bahwa permohonan diterima. Anda akan mendapatkan kartu NPWP yang biasanya waktu pengirimannya berlangsung selama 3 hari kerja dan paling lambat 2 minggu hari kerja.

Baca Juga : Tata Cara Melakukan Registrasi Kartu Telkomsel Dengan Mudah Tanpa Gagal

Itulah pembahasan cara bikin NPWP online yang bisa Anda praktikkan dengan mudah. Setelah berhasil mendaftar dan disetujui, kartu NPWP Anda akan segera dikirim, biasanya melalui layanan POS.