Cara Membuat Ringkasan Dari Suatu Naskah Atau Dokumen

Cara Membuat Ringkasan Dari Suatu Naskah Atau Dokumen

galleryser – Ringkasan merupakan jenis teks yang berisi tentang summary dari sebuah dokumen terkait dengan suatu naskah yang telah dibaca atau dipelajari sebelumnya. Kebanyakan dari kita sudah diajari untuk menyusun ringkasan ketika berada di sekolah dasar. Akan tetapi cara membuat ringkasan dari suatu naskah atau dokumen tidak semudah kelihatannya. 

Diperlukan fokus yang tinggi untuk membuat summary atau ringkasan yang berkualitas, karena ringkasan harus berisi semua hal yang berkaitan dengan materi yang telah dipelajari. Pawa awalnya mungkin susah untuk menulis ringkasan yang efektif dan efisien, namun lama kelamaan Anda akan terbiasa. Dan inilah beberapa kiat untuk membuat ringkasan dari kami, check it out!

Langkah Menyusun Ringkasan Dari Sebuah Naskah 

Jika Anda merasa kesulitan untuk menulis ringkasan teks dari suatu materi, pastikan Anda selalu berlatih membuat summary setelah Anda membaca atau menonton suatu materi. Ketika Anda sering berlatih, Anda pastinya tidak akan lagi kesulitan untuk menyusun sebuah ringkasan. Berikut ini kiat-kiat sukses merancang suatu ringkasan lewat sebuah naskah atau video : 

 

  • Pahami naskah otentiknya 

 

Misalnya Anda sedang disuruh meringkas suatu buku yang baru saja diterbitkan oleh seseorang, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami naskah otentiknya. Anda harus membaca dari awal hingga akhir naskah atau buku tersebut untuk menyusun naskah yang lebih ringkas dan memuat segala poin yang ada di dalamnya. 

 

  • Melakukan pencatatan atas poin penting 

 

Setelah Anda membaca dari awal hingga akhir naskah tersebut, Anda harus melakukan pencatatan atas berbagai poin penting yang ada dalam dokumen buku terbaru tersebut. Anda bisa meringkas isi paragraf yang sedang dibahas, akan tetapi jangan lupa untuk tidak merubah judul serta daftar isi atau judul sub bab yang ada pada buku tersebut. 

Anda bisa mencatat hal ini pada lembar kertas lain atau melalui media digital agar bisa dibaca ulang dan dijadikan dasar penyusunan dokumen ringkasan. Usahakan untuk fokus penuh pada tahap ini, karena bisa menentukan lengkap atau tidaknya ringkasan Anda nantinya. 

 

  • Tuliskan ulang 

 

Langkah selanjutnya, Anda harus menulis ulang apa yang telah Anda catat untuk kemudian didaur ulang atau direproduksi. Anda memang bisa menggunakan bahan yang telah Anda catat sebagai basic dari tulisan baru Anda. Jangan lupa untuk menambahi kalimat-kalimat baru yang murni dari pikiran Anda namun sama sekali tidak bertentangan dengan isi naskah buku tersebut. 

Baca Juga : Cara Bikin NPWP Online Praktis

Memang pada awalnya sulit menyusun sebuah ringkasan yang berkualitas dan bermutu, akan tetapi jika Anda terus berlatih maka Anda akan menguasai teknik tersebut. Demikianlah tips atau cara membuat ringkasan terbaik yang bisa kami sarankan untuk Anda, selamat mempraktekkan! Semoga bermanfaat ya.