Cara Mengembalikan File yang Terhapus di PC

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di PC

galleryser.com – Salah menghapus file atau tidak sengaja menekan tombol delete kadang terjadi apabila sedang terburu-buru. Apabila saat ini sedang mengalaminya, tak perlu khawatir karena ada cara untuk bisa dilakukan untuk memulihkan file tersebut. 

Ada beberapa persyaratan untuk dilakukan sebelum melakukan pemulihan, misalnya tidak menambah dokumen baru di drive tempat filenya terhapus, tidak menginstal program, dan tidak menyimpan dokumen yang dipulihkan ke drive tersebut. 

Tips Memulihkan File yang Terhapus 

Berikut ini cara mengembalikan file hilang dari PC atau terhapus dengan tidak sengaja yaitu :

  1. Recycle Bin

Apabila berkas tidak terhapus secara permanen, Anda bisa memeriksanya di recycle bin. Untuk memulihkannya, klik kanan pada dokumen, lalu klik restore. Mudah sekali, bukan? 

  1. Restore previous versions

Bukalah folder tempat berkas tersimpan, lalu klik kanan. Apabila terdapat opsi Restore previous versions, klik opsi tersebut. Setelah proses ini, file akan kembali ada di folder tersebut. 

  1. Backup file

Cara tersebut bisa dilakukan jika telah membuat cadangan di hard drive atau libraries. Langkah selanjutnya adalah memulihkannya di folder tempat anda menyimpan cadangannya. 

  1. Recuva

Setelah cara diatas tidak berhasil, Anda bisa menggunakan aplikasi ini. Recuva memiliki fitur Advanced Mode agar proses pencarian dokumen lebih detail. Recuva memiliki versi portable tersebut dapat digunakan tanpa perlu menginstalnya. 

  1. Disk drill

Disk drill akan membantu memulihkan berkas karena berbagai penyebab, misalnya listrik yang tiba-tiba mati, virus, kerusakan partisi maupun kerusakan sistem. Selain itu, Anda bisa mengembalikan berkasi dari perangkat luar seperti SD card, hard disk, dan flashdisk. 

  1. Stellar Phoenix

Keunggulan dari Stellar Phoenix adalah dapat memulihkan data dalam satu folder sekaligus dan memulihkan CD, DVD, SD card, dan USB drive. Beberapa jenis berkas pun dapat di-recovery misalnya dokumen, ZIP, musik, gambar maupun video. 

  1. R-Studio 

Penggunaannya yang mudah menjadikan R-Studio ini wajib dicoba. Hanya dengan beberapa klik saja, Anda dapat mengembalikan berkas. Aplikasi tersebut juga bisa memulihkan data dari drive eksternal. R-Studio bahkan bisa memperbaiki berkas ketika OS Windows mengalami kerusakan, ini dapat terjadi apabila R-Studio diaplikasikan melalui bootable USB. 

  1. Pandora Recovery

Ada 3 jenis metode recovery yang ditawarkan aplikasi ini, yaitu dapat mencari data secara manual, pencarian berdasarkan nama, jenis, atau ukuran serta menggunakan mode deep scan. Untuk metode yang terbaik, gunakanlah mode deep scan. 

  1. Data Rescue PC

Kelebihan dari Data rescue PC ini adalah bisa digunakan pada hard disk yang sudah jadul dan floppy disk. Cara kerjanya hampir sama dengan R-Studio yakni membuat data kloningan dari komponen jadul yang digunakan. 

  1. Undelete 360

Undelete 360 dapat memulihkan beragam jenis data mulai dari video, foto, PDF, dan musik. Akan tetapi saat menggunakannya, Anda harus melihat berbagai jenis iklan dan penawaran. Fiturnya pun sangat lengkap karena dapat mengembalikan data di kamera digital ataupun foto di smartphone Anda. 

Baca Juga : Rumus Luas Permukaan Prisma Segitiga

Demikian penjelasan mengenai cara mengembalikan file untuk Anda yang tidak sengaja menghapus berkas penting.